LANGKAH MEMBONGKAR DAN MERAKIT CPU

Rabu, 28 September 2016

Langkah Membongkar dan Merakit CPU


Langkah Membongkar dan Merakit CPU

Langkah pertama cara membongkar CPU adalah :
  1.  Buka cassing.
  2.   Lepas semua kabel yang terhubung dari Mother Board (Kabel data,power,swib,floppy,tombol    reset,kipas,CD ROM,harddisk,LED,dsb).
  3.   Lepas Power supply,Harddisk,Floppy,CD ROM.
  4.   Lepas LAN card,RAM,Fan atau Processor.
  5.   Lepas mother board.



Langkah-langkah Perakitan
Berikut ini adalah langkah-langkah perakitan CPU.

1. Pertama pasangkan power supply pada bagian sebelah kiri atas dan pasangkan erat dengan baut/skrup.kemudian Pasang connector ATX 20/24 pin ke motherboard dan Pasang connector ATX 4 pin 12 v ke motherboard.

2. memasang RAM,Pegang sisi RAM dengan cermat lalu masukkan RAM dengan   posisi dan arah yang betul setelah itu tekan RAM maka klip akan tertutup dengan sendirinya.   Dan pemasangan RAM yang kedua seperti langkah awal.

3. Ketiga pasangkan processor pada Motherboard dengan meletakkan sesuai dengan lekukan pada prosessor, seletah itu tutup processor dan  kunci dengan tuas. selajutnya pemasangan heatsink, pada saat memasang pastikan heatsink tidak terbalik berikan pasta termal pada bagian atas processoor, setelah itu sejajarkan kaki-kaki heatsink pada lubang untuk memasangnya. Cara memasang heatsink dengan cara menekan 4 penguncinya. Selanjutnya  pasang memory pada slot di samping kanan heatsink,kaitkan kait pada ujung slot memory pastikan pemasangan pas ,tekan hingga bunyi "KLIK". Next pasangkan kabel heatsink pada motherboard.
4. Pasangkan Motherboard pada kerangka CPU, setelah itu pasang NIC pada Motherboard kaitkan dengan kerangka CPU menggunakan mur/baut.

5.  Pasangkan Hardisk pada kerangka CPU bagian tengah, pemasangan paskan lubang pada kerangka CPU lalu pasangkan erat menggunakan mur/baut.Setelah harddisk terpasang lalu pasang kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboard dan pada harddisk itu sendiri. 


6.Setelah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.. Kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang. Kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.

7.Kemudian tancapkan konektor power / restart / hdd lad / power lad dan pad konektor      lainnya yang terdapat di motherboard seperti gambar berikut. 

8.Setelah semua komponen telah terpasang kemudian pasang penutup casing dengan            benar.

9.setelah Selesai kemudian perakitan tersebut harus kita tes apakah berhasil atau                tidak. Pasang kabel port VGA ke monitor kemudian power monitor dan CPU ke saklar          listrik, selanjutnya hidupkan bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil.          Bila tidak dapat BOOTING berarti perakitan belum sempurna, maka harus                          disempurnakan terlebih dahulu bila nanti ingin menginstal Sistem Operasi nya dengan        cara cek kembali semua komponen yang telah terpasang apakah sudah benar atau tidak.



Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN DARI POKA YOKE

PERMASALAHAN PADA HARDWARE DAN SOFTWARE

JENIS PROCESSOR