PENGERTIAN RAM

Pengertian RAM

Pengertian RAM (Random Access Memory) adalah suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program.

Fungsi RAM

Pada suatu perangkat komputer, laptop maupun hp fungsi RAM sangatlah penting. Salah satunya adalah sebagai penyimpanan data sementara, jadi ketika kamu sedang melakukan suatu hal data yang kamu kerjakan akan sementara tersimpan dan terbaca pada RAM secara otomatis. Hal tersebut yang menentukan jika RAM besar dapat menyimpan banyak data yang kamu kerjakan, jadi mengurangi potensi dari lag ataupun lemot pada komputer, laptop maupun hp.
jenis jenis RAM

1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)

DRAM

Jenis RAM ini merupakan memori semi konduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibanding EDO RAM. Namun, lebih rendah dibandingkan SRAM.
DRAM menggunakan satu transistor dan kapasitor per bit dalam strukturnya. Hal ini membuat RAM ini memiliki kepadatan yang cukup tinggi. DRAM memiliki frekuensi kerja yang bervariasi antara 4,7 Mhz hingga 40 Mhz.

2. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)

SDRAM

SDRAM menjadi RAM yang memiliki kecepatan cukup tinggi dibanding jenis-jenis RAM lainnya yakni kecepatan sampai 100 - 133 Mhz. RAM ini banyak digunakan pada tahun 1996 hingga 2003 dan merupakan jenis RAM yang memiliki 168 Pin saluran transfer data. Ciri-ciri RAM ini terdapat dua celah dibagian kakinya. RAM ini akan diletakkan pada slot DIMM/SDRAM di motherboard yang mampu menampung memori mulai 16 MB hingga 1GB.

3. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RDRAM

Komponen ini diperkenalkan pada tahun 1995 dengan kecepatan 600 Mbytes/sec. Pada tahun 1997, kecepatan RDRAM meningkat hingga 700 MBps, dan tahun 1998 menjadi 1,6 GBps. Tak heran, RAM ini awalnya dikembangkan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4 atau untuk keperluan perangkat gaming. Slot memori untuk RDRAM ialah 184 pin.

4. SRAM (Static Random Access Memory)

Jenis RAM komputer ini terbuat dari semacam semi konduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga kinerja bisa lebih cepat. Hal ini disebabkan komponen ini hanya menggunakan transistor tanpa kapasitor.
SRAM didesain menggunakan desain cluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi. Sayangnya, SRAM memiliki kekurangan yakni biaya produksinya yang mahal. Tak heran, RAM ini hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan digunakan untuk bagian yang benar-benar penting. Chip ini sering digunakan untuk chace memori. Kecepatan SRAM mampu mengimbangi kecepatan prosesor 500 MHz atau lebih.

5. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)

EDORAM

RAM ini dikembangkan tahun 1995 dan memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan jenis-jenis RAM lain. Slot memori untuk EDORAM ialah 72 pin. Bentuk komponen ini lebih panjang daripada RAM SIMM. Tak heran RAM ini sangat cocok dipasang pada semua komputer Pentium. Selain itu, komponen ini juga cocok untuk dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 Mhz.

6. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)
FPM DRAM

Jenis RAM ini merupakan bentuk asli atau bentuk awal dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per detik. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16 MHz hingga 66 MHz dengan akses waktu hingga 50ns.

7. Flash RAM

Flash RAM merupakan jenis memori berkapasitas rendah yang digunakan pada perangkat elektronika seperti TV, VCR, hingga ponsel lama. Momori ini dipasang pada perangkat yang memerlukan refresh dengan daya yang kecil.

8. VGRAM (Video Graphic Random Access Memory)

VGRAM biasanya digunakan untuk menyimpan kandungan pixel bagi sebuah paparan grafik. Penggunaan chip ini akan memberikan performa video yang baik dan mengurangi tekanan pada CPU.

9. DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)

DDR SDRAM

Jenis RAM ini menjadi salah satu yang memiliki kecepatan sangat tinggi diantara jenis-jenis RAM. Tak heran, RAM ini digunakan diberbagai perangkat saat ini. RAM ini mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satuan waktu yang sama. Memori ini memiliki 184 pin. RAM jenis ini juga mengonsumsi daya listrik yang lebih rendah.
Jenis-jenis RAM berikutnya seperti DDR2 RAM hingga DDR3 RAM merupakan pengembangan dari DDR SDRAM. Kedua jenis RAM ini digunakan dibanyak komputer saat ini karena lebih menghemat daya dan lebih optimal dengan kecepatan tinggi. Untuk kapasitas memori jenis ini pun cukup besar hingga 4 GB per chipnya.

10. SO – DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)

SODIM

Memori ini merupakan jenis memori yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya cukup ringkas, kira-kira setengah dari besaran DDR RAM sehingga lebih menghemat ruang. Jenis memori ini biasanya mengikuti perkembangan RAM untuk komputer desktop.

Tipe RAM DDR
Tipe-tipe RAM DDR Komputer
RAM atau Random Access Memory adalah bagian hardware yang berfungsi sebagai tempat penyimpan data sementara. Data pada RAM akan diakses oleh prosessor inti saat sebuah program sedang dijalankan. RAM ini memiliki berbagai tipe. Tetapi yang akan Pricebook bahas kali ini adalah tipe RAM yang ada pada komputer PC.
Tipe RAM yang digunakan komputer saat ini adalah tipe RAM DDR3. Sebelum menggunakan tipe DDR3, banyak perangkat komputer yang menggunakan tipe RAM generasi sebelumnya, yakni RAM DDR2. Jauh sebelumnya lagi, terdapat RAM DDR1.
Bahkan, sebelum era DDR, komputer banyak menggunakan tipe RAM SDR, RDR, EDO RAM, FP RAM, dan banyak lagi. Namun, pembahasan kali ini adalah tentang perkembangan RAM DDR dari awal sampai teknologi terbaru.
Berikut penjelasan singkatnya.

RAM DDR

Menjelang akhir abad 20, kebutuhan RAM berkapasitas besar sangat penting untuk mengimbangi kecepatan CPU. Karena alasan itu, dikembangkanlah tipe RAM DDR atau double data rate transfer.
RAM DDR generasi pertama ini diadaptasi dari RAM pada VGA card. RAM yang dikenal dengan nama DDR1 ini pun menjadi standar terbaru saat itu.
Dengan kecepatan transfer mulai dari 200 MHz sampai 400 MHz, DDR1 mampu membantu kinerja CPU yang saat itu terus ditingkatkan kecepatannya. RAMD DDR1 ini pertamkali dipakai oleh AMD pada motherboard ciptaan mereka.

RAM DDR2

Ketika teknologi CPU terus meningkat, RAM yang lebih baik dibandingkan DDR generasi pertama pun sangat dibutuhkan. Karena itu, hadirlah RAM DDR2. Tipe RAM ini cukup populer karena saat itu banyak pengguna yang menggunakan komputer dengan prosesor Intel Pentium 4 ke atas.
DDR2 RAM sendiri hadir dengan frekuensi kecepatan mulai dari 400 MHz hingga 1066 MHz. Teknologi RAM generasi kedua ini juga dikenal cukup baik dari segi daya karena hanya mengonsumsi 1,8V saja.

RAM DDR3

Tipe RAM DDR3 adalah tipe RAM modern yang banyak digunakan diberbagai perangkat. Tidak hanya perangkat PC, tetapi juga perangkat canggih lainnya. RAM generasi ketiga ini mendukung transfer rate lebih tinggi,yakni sampai 2133 MHz.
RAM DDR3 ini puh hadir dengan konsumsi listrik yang lebih irit, yakni 1,5V saja. Tipe RAM DDR3 ini tampaknya masih akan cukup lama mendukung berbagai hardware meskipun RAM DDR4 sudah diluncurkan pada tahun 2014.

RAM DDR4

RAM DDR4 adalah tipe DDR generasi ke empat yang hadir dengan kecepatan  transfer rate lebih tinggi dibandingkan DDR3. DDR4 ini mendukung kecepatan mulai dari 2133 MHz hingga 4266 MHz, sebuah kecepatan transfer rate yang tergolong luar biasa.
Tipe RAM yang disebut juga sebagai DDR4 SDRAM ini sudah dikomersilkan pada tahun 2014. Padahal, teknologi ini pengembangannya sudah cukup lama. Tampaknya butuh waku beberapa tahun ke depan, sampai RAM yang hanya mengonsumsi daya 1,05V ini banyak digunakan diberbagai perangkat.

Jangan Asal Ganti RAM

Satu hal yang pasti, karena setiap tipe RAM itu berbeda, maka bagi yang ingin mengganti RAM komputer atau laptop, perhatikan dulu jenisnya. Jangan sampai asal mengganti RAM tapi ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan.

Cara menglihat kecepatan RAM 
Berapa banyak RAM yang dimiliki komputer anda, dan seberapa cepat memori itu, berikut ini kami akan mencoba menjelaskan cara untuk memeriksa kecepatan RAM pada computer anda.
RAM komputer adalah salah satu komponen terpenting dari sebuah computer. RAM bertanggung jawab untuk memuat dan menjalankan semua perangkat lunak yang terpasang di dalam komputer. Jadi apakah anda ingin mendiagnosis masalah atau ingin meningkatkanya, maka dengan mengetahui tepatnya seberapa banyak dan seberapa cepat memori itu penting.
Memeriksa berapa banyak RAM di komputer
Tekan tombol Windows Key + R untuk menampilkan Run command.

Selanjut ketik dxdiag di field yang terbuka pada Run command, klik OK. Sebuah tampilan jendela akan muncul yang memberikan informasi berapa jumlah total RAM yang tersedia.

Memeriksa kecepatan RAM
Kita tidak dapat melakukannya dari Windows, untuk dapat memeriksa kecepatan RAM, maka kita perlu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga bernama CPU-Z.
Pasang CPU-Z dan ketika dijalankan, aplikasi ini akan melakukan analisa terhadap sistem computer. Informasi yang ditampilkan cukup banyak dan bervariasi termasuk kecepatan RAM.

Klik tab Memori untuk menemukan banyak informasi tentang RAM komputer. Kemudian kita dapat melihat pada polisi teratas, ‘Frekuensi DRAM’.
Seperti yang anda dapat lihat di sceenshot kamu, RAM adalah 534 Mhz, tetapi menggunakan dual channel, maka kita tinggal mengalikannya dengan dua, sehingga kita akan mendapatkan 1068 Mhx, dan inilah kecepatan RAM yang digunakan.
 

Comments

Popular posts from this blog

PENGERTIAN DARI POKA YOKE

PERMASALAHAN PADA HARDWARE DAN SOFTWARE

JENIS PROCESSOR